Tutorial Input dan Cetak Absensi Pegawai Aplikasi KOMDANAS MA-RI
Aplikasi Komunikasi Data Nasional (KOMDANAS) yang diluncurkan oleh Lembaga Peradilan Tertinggi di Indonesia Mahkamah Agung telah banyak merubah budaya kerja terutama dalam hal pelaporan dengan sangat signifikan. Terkhusus manajemen keuangan , kepegawaian, dan bagian umum yang notabene membidangi aset-aset negara.
Dalam hal kepegawaian terdapat menu yang dapat dimanfaatkan untuk input data absensi pegawai dan langsung tersinkron dengan aplikasi remunerasi.
Berikut ini ruumit mencoba share tentang cara input data absensi berikut cara mencetaknya apabila diperlukan sebagai pelaporan secara manual (hard copy).
Pertama-tama silahkan login ke aplikasi komdanas di http://komdanas.mahkamahagung.go.id sesuai ID dan paasword satker masing-masing.
Kemudian masuk ke menu Kepegawaian => Absensi => Pengisian Absensi
Untuk pengisian secara cepat, apabila dilakukan tidak setiap hari maka kita bisa memilih semua pegawai ( All ).
Tentukan Tahun, Bulan dan Tanggalnya.
Selanjutnya akan terlihat data absen seperti dibawah ini. Yaitu data masih kosong dengan keterangan tanda silang karena belum pernah diinput.
Maka untuk mengisi data secara keseluruhan sampai tanggal terakhir (kemarin) pada bulan tersebut silahkan klik tombol "Isi Absen dengan data tepat waktu"
akan keluar jendela bahwa Upload data sukses
dan terlihat data absensi sudah menjadi hijau (dicentang)
Selanjutnya baru kita rubah data absensi bagi pegawai yang memiliki riwayat Terlambat, Pulang awal, ijin, cuti atau keterangan yang lain setiap harinya.
Sebagai contoh kita akan mengedit salah satu data absen bagi yang ijin dan sakit. Maka langkahnya kita klik tanda centang pada kotak hijau sesuai dengan nama pegawai dan tanggalnya.
Kemudian silahkan pilih keterangan yang sesuai, dan data akan tersimpan otomatis. Cara input adalah di kedua kolom Datang dan Pulang harus sama keterangannya.
Maka akan terlihat keterangan seperti dibawah ini :
s : untuk sakit, t-v : untuk terlambat dan pulang tepat waktu
dan untuk keterangan lain silahkan lihat pada database
Begitu selanjutnya untuk tanggal-tanggal dalam waktu satu bulan. Namun akan lebih baik ketika diinput setiap harinya.
Langkah berikutnya adalah kita akan mencetak absensi dalam satu bulan sebagai hard copy.
Pertama-tama kita klik tombol "Download Daftar Absensi bulan...... tahun 2013
Selanjutnya file berupa zip akan didownload, dan extraklah dengan winzip (bukan winrar) atau bisa menggunakan 7-zip
Maka akan terbuka empat buah file dalam format excel. Terutama file rekap dapat kita cetak untuk dijadikan hard copynya.
Demikian beberapa langkah dalam memasukkan atau mengedit data absensi pegawai menggunakan aplikasi KOMDANAS
Dalam hal kepegawaian terdapat menu yang dapat dimanfaatkan untuk input data absensi pegawai dan langsung tersinkron dengan aplikasi remunerasi.
Berikut ini ruumit mencoba share tentang cara input data absensi berikut cara mencetaknya apabila diperlukan sebagai pelaporan secara manual (hard copy).
Pertama-tama silahkan login ke aplikasi komdanas di http://komdanas.mahkamahagung.go.id sesuai ID dan paasword satker masing-masing.
Kemudian masuk ke menu Kepegawaian => Absensi => Pengisian Absensi
Untuk pengisian secara cepat, apabila dilakukan tidak setiap hari maka kita bisa memilih semua pegawai ( All ).
Tentukan Tahun, Bulan dan Tanggalnya.
Selanjutnya akan terlihat data absen seperti dibawah ini. Yaitu data masih kosong dengan keterangan tanda silang karena belum pernah diinput.
Maka untuk mengisi data secara keseluruhan sampai tanggal terakhir (kemarin) pada bulan tersebut silahkan klik tombol "Isi Absen dengan data tepat waktu"
akan keluar jendela bahwa Upload data sukses
dan terlihat data absensi sudah menjadi hijau (dicentang)
Selanjutnya baru kita rubah data absensi bagi pegawai yang memiliki riwayat Terlambat, Pulang awal, ijin, cuti atau keterangan yang lain setiap harinya.
Sebagai contoh kita akan mengedit salah satu data absen bagi yang ijin dan sakit. Maka langkahnya kita klik tanda centang pada kotak hijau sesuai dengan nama pegawai dan tanggalnya.
Kemudian silahkan pilih keterangan yang sesuai, dan data akan tersimpan otomatis. Cara input adalah di kedua kolom Datang dan Pulang harus sama keterangannya.
Maka akan terlihat keterangan seperti dibawah ini :
s : untuk sakit, t-v : untuk terlambat dan pulang tepat waktu
dan untuk keterangan lain silahkan lihat pada database
Begitu selanjutnya untuk tanggal-tanggal dalam waktu satu bulan. Namun akan lebih baik ketika diinput setiap harinya.
Langkah berikutnya adalah kita akan mencetak absensi dalam satu bulan sebagai hard copy.
Pertama-tama kita klik tombol "Download Daftar Absensi bulan...... tahun 2013
Selanjutnya file berupa zip akan didownload, dan extraklah dengan winzip (bukan winrar) atau bisa menggunakan 7-zip
Maka akan terbuka empat buah file dalam format excel. Terutama file rekap dapat kita cetak untuk dijadikan hard copynya.
Demikian beberapa langkah dalam memasukkan atau mengedit data absensi pegawai menggunakan aplikasi KOMDANAS
Belum ada Komentar untuk "Tutorial Input dan Cetak Absensi Pegawai Aplikasi KOMDANAS MA-RI"
Posting Komentar